Sabtu, 11 Juni 2022

Pisah Trafik SosMed dan OL Shop Menggunakan RAW MikroTik

Selain mengunakan layer 7 protocol kita bisa juga menggunakan alamat server yang digunakan oleh video yang kita tonton di internet agar bisa kita limitasi kecepatanya menggunakan queue tree. Caranya dengan menggunakan firewall raw.

Di mikrotik router os, firewall terdiri dari beberapa tabel. Ada tabel filter, nat, mangle, serta yang terbaru adalah raw.

RAW merupakan tabel firewall yang mirip dengan tabel filter yakni menangani filtering paket. Namun raw memiliki keunggulan yaitu tidak memakan resource cpu sebanyak pada firewall filter (lebih ringan). Hal ini dikarenakan raw mampu melakukan bypass atau drop paket sebelum terjadinya proses connection tracking.

Apa itu connection tracking ? Connection tracking merupakan fitur atau kemampuan untuk melihat informasi pada koneksi yang sedang terjadi. Informasi apa ? Ya seperti source address, destination address, source and destination port, tipe protokol, dan lain sebagainya. 

Manfaat dari conn-track ini adalah firewall dapat melakukan filterisasi secara mendalam yang tentunya akan semakin memperbaik kinerja firewall tersebut. Namun disisi lain, penggunaan connection tracking juga memiliki konsekuensi yakni penggunaan resource perangkat firewall menjadi lebih tinggi khususnya pada cpu load.

Sementara itu, raw tidak menggunakan conn-track dalam proses filtering, itulah yang membuat raw menjadi lebih ramah sumber daya. Dengan kemampuannya tersebut, raw dapat digunakan untuk melakukan dropping paket dalam jumlah yang banyak (cocok digunakan untuk mitigasi serangan DDOS)

Firewall raw sebenarnya hampir sama dengan fire filters, namun yang membedakan firewall raw dinilai lebih ringan karena tidak menggunakan resource cpu yang tinggi. Salah satunya kita bisa menggunakan firewall raw untuk pisah trafik streaming video.

Tambahkan address list untuk alamat ip client lokal kita(client yang menggunakan interet dari router) caranya masuk 

ip - firewall - address list - add









/ip firewall address-list

add address=192.168.2.0/24 list=LOKAL

add address=192.168.3.0/24 list=LOKAL

Masukan semua alamat ip yang digunakan oleh client yang ingin di limitasi bandwidth/pisah trafik streaming video. Kecuali alamat ip ISP.

kemudian setelah kita membuat address list, kita buat firewall raw untuk mendapatkan alamat server dari trafik SosMed dan OL Shop. 

ip - firewall - raw - add
















  • chain = prerouting
  • src. address list = -LOKAL (yang tadi di buat)
  • content = .lazada.com
  • action = add dst to address list (untuk menangkap ip content SosMed atau OL Shop)
  • address list = SosMed atau OL-Shop



0 komentar:

Posting Komentar