Kamis, 18 Februari 2021

Rumus pada Bangun Datar di Microsoft Excel-2 (Segitiga Siku -Siku)

Segitiga siku-siku adalah segitiga di mana satu sudut adalah sudut kanan (yaitu, sudut 90 derajat). Hubungan antara sisi dan sudut segitiga siku-siku adalah dasar untuk trigonometri.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Segitiga_siku-siku


Sisi yang berseberangan dengan sudut kanan disebut hypotenuse (sisi c pada gambar). Sisi-sisi yang berdekatan dengan sudut kanan disebut kaki (atau catheti, singular: cathetus). Sisi a dapat diidentifikasi sebagai sisi yang berdekatan dengan sudut B dan berlawanan dengan (atau berlawanan) sudut A, sedangkan sisi b adalah sisi yang berdekatan dengan sudut A dan berlawanan dengan sudut B.

Jika panjang ketiga sisi dari segitiga siku-siku adalah bilangan bulat, segitiga tersebut disebut segitiga Pythagoras dan panjang sisinya secara kolektif dikenal sebagai triple Pythagoras.

Dalam matematika, teorema Pythagorean, juga dikenal sebagai teorema Pythagoras, adalah hubungan mendasar dalam geometri Euclidean di antara tiga sisi segitiga siku-siku. Ini menyatakan bahwa luas kotak yang sisinya adalah sisi miring (sisi yang berlawanan dengan sudut kanan) sama dengan jumlah area kotak di dua sisi lainnya. Teorema ini dapat ditulis sebagai persamaan yang menghubungkan panjang sisi a, b dan c, sering disebut "persamaan Pythagoras"

di mana c mewakili panjang sisi miring dan a dan b panjang dari dua sisi segitiga lainnya. Teorema itu, yang sejarahnya menjadi pokok perdebatan, dinamai untuk pemikir Yunani kuno Pythagoras.

Teorema ini telah diberikan banyak bukti - mungkin yang paling banyak untuk setiap teorema matematika. Mereka sangat beragam, termasuk bukti geometris dan bukti aljabar, dengan beberapa berasal dari ribuan tahun yang lalu. Teorema dapat digeneralisasi dalam berbagai cara, termasuk ruang dimensi tinggi, ke ruang yang bukan Euclidean, ke objek yang bukan segitiga siku-siku, dan memang, untuk objek yang bukan segitiga sama sekali, tetapi padatan n-dimensi. Teorema Pythagoras telah menarik minat di luar matematika sebagai simbol kemustahilan matematika, mistik, atau kekuatan intelektual; referensi populer dalam sastra, drama, musikal, lagu, perangko dan kartun berlimpah.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Teorema_Pythagoras

Berikut ini akan dibuat tutorial membuat penghitungan pada bangun segitiga siku-siku yaitu mencari sisi miring dan menghitung Keliling dan Luasnya.

  • Keliling = sisi A + sisi B + sisi C
  • Luas     = (Alas X Tinggi)/2
  • Untuk mencari sisi Miring pada segitiga Siku-siku Dipergunakan Teorema Phytagoras yaitu : Sisi Miring = Akar dari (Kuadrat Sisi Tegak + Kuadrat Sisi Alas
Untuk lebih jelasnya bisa melihat video dibawah ini :




Selamat mencoba & semoga sukses...

0 komentar:

Posting Komentar