Selasa, 22 November 2022

DVB T2 atau STB Digital TV Bisa Buat Internet

Pemerintah telah melakukan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog pada beberapa waktu yang lalu. Meskipun tidak semua wilayah telah di matikan Siaran Analognya.

Bagi yang tidak memiliki perangkat TV digital, masyarakat tidak perlu membeli TV baru karena TV analog bisa menyiarkan siaran TV digital dengan bantuan Set Top Box (STB).

STB bisa dibeli melalui toko online atau langsung datang ke toko fisik terdekat dengan harga di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribuan.

Lantas, apa itu Set Top Box Atau STB? Sebagai informasi, Set Top Box (STB) adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

STB ini sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial atau DVB-T2. STB tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, dan cukup menggunakan antena TV biasa atau UHF.

STB dibutuhkan jika anda ingin "mengubah" perangkat TV analog yang belum bisa menerima sinyal digital, agar tetap bisa menikmati siaran TV digital.

Namun, jika perangkat TV sudah memiliki fitur untuk menangkap siaran digital, di mana biasanya Smart TV zaman sekarang sudah bisa, maka kamu tidak membutuhkan STB.

Bagi masyarakat yang masih memiliki TV analog, tentunya membutuhkan perangkat Set Top Box (STB) untuk dapat menangkap siaran TV digital. Sebelum membeli, kalian mesti jeli, jangan sampai tertukar dengan membeli STB Android.


Sebab, STB TV digital dan STB Android itu merupakan dua perangkat berbeda meski ada kesamaan namanya. Jadi, pastikan tahu perbedaan set top box TV digital dan set top box TV Android.

Perbedaan set top box TV digital dan set top box TV Android STB TV digital adalah alat untuk mengkonversi sinyal menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan pada TV analog.

Sedangkan STB android adalah alat yang dimanfaatkan untuk mengubah televisi menjadi pintar. Dan, untuk menggunakan dibutuhkan akses internet, sementara STB TV digital tidak butuh internet.

Kominfo menegaskan bahwa siaran TV digital tidak akan perlu akses internet maupun berlangganan layaknya TV kabel, melainkan gratis seperti halnya siaran TV analog saat ini.

Set Top Box TV Digital : 

  • Gratis, tidak ada iuran per bulan, 
  • Ada fitur Early Warning System (EWS)/sistem peringatan dini, 
  • Tidak perlu internet, karena terhubung dengan Stasiun TV free to air, 
  • Terhubung dengan antena

Set Top Box TV Android : 

  • Berbayar untuk dapat berlangganan, 
  • Harus terkoneksi dengan internet, Tanpa internet, maka tidak ada konten yang tampil, 
  • OS Android, 
  • Tidak pakai antena

 


0 komentar:

Posting Komentar